pengertian CPU, Fungsi CPU dan Komponennya



Pengertian dan Fungsi CPU


pengertian CPU, Fungsi CPU dan komponennya


Dalam bahasa inggris : CPU adalah kepanjangan dari Central Processing Unit  yaitu perangkat keras komputer yang digunakan untuk memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain dari CPU adalah pemroses/prosesor (processor). CPU  merupakan komponen terpenting  dari  sistem  komputer. Tanpa CPU komputer tidak dapat berfungsi dengan semestinya. Fungsi CPU itu sendiri adalah untuk menjalankan program – program yang disimpan dalam memori utama dengan cara  mengambil  instruksi  – instruksi, menguji  instruksi  tersebut  dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah. Untuk memahami fungsi CPU dan caranya berinteraksi dengan komponen lain, perlu kita tinjau lebih jauh proses eksekusi program. Pandangan paling sederhana proses eksekusi program adalah dengan mengambil  pengolahan instruksi  yang  terdiri  dari  dua  langkah, yaitu :  operasi pembacaan instruksi  (fetch)  dan operasi  pelaksanaan instruksi  (execute). Siklus  instruksi  yang terdiri dari siklus fetch dan siklus eksekusi diperlihatkan pada gambar  siklus intruksi dasar berikut.Central Processing unit(CPU) adalah bagian dari hardware yang melaksanakan instruksi dari program computer. (Baca Juga : Update Harga terbaru Kamera CCTV Hikvision)


Komponen CPU

·         ALU (Aritmatika Logical Unit) berfungsi untuk mengolah aritmatika sederhana dan operasi logis.
·         CU (control Unit) berfungsi untuk mengelola berbagai komponen computer.

CPU telah lama berdiri dengan komponen yang terpisah. Namun sejak tahun 1970 CPU telah dibangun sebagai Unit yang terpadu yang disebut mikroprosesor.
CPU terletak di motherboard karena motherboard memiliki soket tertentu untuk ini, yang spesifik untuk jenis prosesor tertentu. Sebuah CPU akan sangat panas sehingga membutuhkan
sistem pendingin sendiri dalam bentuk heatzink/kipas.

Demikianlah ARTIKEL SANJAYANET  tentang Pengertian CPU, Fungsi CPU dan komponen dari CPU, apabila ada kesalahan dalam pengetikan kalimat atau kesalahan dalam pemilihan kata-kata tentang pengertian CPU,Fungsi CPU dan komponen CPU  pembaca dapat memberi saran lewat koment, sehingga penulisan kedepannya bisa lebih baik lagi. Dan semoga artikel SANJAYANET ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Dan semoga ARTIKEL ini dapat membantu dan menambah wawasan bagi para pembaca.

SELAMAT MEMBACA
GOOD LUCK !!!!!



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "pengertian CPU, Fungsi CPU dan Komponennya"

Post a Comment